Organisasi Guru Baru Diberi Nama Federasi Serikat Guru Indonesia

21/10/2011 15:31
Sebuah organisasi baru kini dibentuk oleh para guru di Indonesia, organisasi tersebut dinamakan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Alasan dari terbentuknya organisasi tersebut adalah adanya kerinduan guru-guru Indonesia untuk terwujudnya pendidikan berkualitas dan berkeadilan.

Organisasi yang terbentuk adalah tempat yang terbuka untuk semua guru Indonesia. Sehingga untuk ke depannya dapat diharapkan mampu memperjuangkan posisi organisasi guru di negeri ini yang diperhitungkan pemerintah dalam mengambil kebijakan pendidikan di Tanah Air. Para guru berasal dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, hingga Sulawesi, pada Minggu (23/1/2011) melalukan deklarasi pembentukan FSGI. Pembentukan organisasi tersebut dilakukan di kantor ICW di Jakarta.

Salah satu deklarator, Retno Lisyarti mengatakan pendidikan mesti dilihat sebagai investasi untuk masa depan bangsa. Untuk itu, pendidikan mesti menjadi bagian yang tidak bisa dilupakan dalam pembangunan bangsa. Sehingga dengan adanya pendidikan yang berkualitas dan berkesdilan itu juga menuntut adanya guru-guru yang sejahtera dan berkualitas.

Sehingga dengan adanya pendidikan berkualitas mesti diterima semua warga negara, tanpa membeda-bedakan siswa berdasarkan tingkat kecerdasan, kekhususan, maupun kategori kaya-miskin. Harapan dari organisasi guru yang baru ini ingin mengajak orang tua murid dan masyarakat untuk memahami hak-hak mereka dalam pendidikan.
( Sumber: https://wartaonline.com/news/organisasi-guri-baru-diberi-nama-federasi-serikat-guru-indonesia-6743/)