Kongres Bahasa Jawa : Tesaurus Bahasa Jawa Segera Disusun

30/11/2011 21:35

 

SURABAYA, KOMPAS.com- Para peserta Kongres Bahasa Jawa V 2011 di Surabaya, Jawa Timur, menggulirkan ide untuk menyusun tesaurus bahasa jawa. Tesaurus ini akan disusun oleh para pengkaji bahasa jawa.

Ketua Tim Perumus Kongres Bahasa Jawa V Djoko Saryono, Rabu (301/11/2011), menuturkan, tesaurus serta kamus bahasa jawa perlu disusun supaya bahasa jawa bisa terus hidup. "Bahasa jawa menghadapi tantangan baru karena lingkungan pengguna bahasa jawa sudah jauh berubah. Bahasa jawa harus ikut berkembang sehingga bisa memiliki daya ungkap bagi penggunanya," jelasnya.

Menurut dia, agar terus bertahan, bahasa jawa harus bisa digunakan sebagai bahasa pengantar dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk itu, bahasa jawa mestinya memiliki kosakata yang kaya untuk menjelaskan dunia teknologi informasi hingga dunia perdagangan masa kini. "Misalnya istilah upload, download, dan sebagainya, bagaimana bahasa jawa membahasakan itu," terangnya.

Ia menambahkan, bahasa jawa lahir dari kultur agraris. Oleh karena itu, banyak istilah baru yang sampai saat ini belum ditemukan padanannya dalam bahasa jawa.